Batubara

23 September 2006

Batubara adalah batuan yang mudah terbakar yang lebih dari 50% -70% berat volumenya merupakan bahan organik yang merupakan material karbonan termasuk inherent moisture. Bahan organik utamanya yaitu tumbuhan yang dapat berupa jejak kulit pohon, daun, akar, struktur kayu, spora, polen, damar, dan lain-lain. Selanjutnya bahan organik tersebut mengalami berbagai tingkat pembusukan (dekomposisi) sehingga menyebabkan perubahan sifat-sifat fisik maupun kimia baik sebelum ataupun sesudah tertutup oleh endapan lainnya.

Proses pembentukan batubara terdiri dari dua tahap yaitu tahap biokimia (penggambutan) dan tahap geokimia (pembatubaraan).

peatification                             coalification

Endapan          organik            Gambut           Batubara

Biokimia                                  geokimia

Tahap penggambutan (peatification) adalah tahap dimana sisa-sisa tumbuhan yang terakumulasi tersimpan dalam kondisi reduksi di daerah rawa dengan sistem pengeringan yang buruk dan selalu tergenang air pada kedalaman 0,5 – 10 meter. Material tumbuhan yang busuk ini melepaskan H, N, O, dan C dalam bentuk senyawa CO2, H2O, dan NH3 untuk menjadi humus. Selanjutnya oleh bakteri anaerobik dan fungi diubah menjadi gambut (Stach, 1982, op cit Susilawati 1992).

Tahap pembatubaraan (coalification) merupakan gabungan proses biologi, kimia, dan fisika yang terjadi karena pengaruh pembebanan dari sedimen yang menutupinya, temperatur, tekanan, dan waktu terhadap komponen organik dari gambut (Stach, 1982, op cit Susilawati 1992). Pada tahap ini prosentase karbon akan meningkat, sedangkan prosentase hidrogen dan oksigen akan berkurang (Fischer, 1927, op cit Susilawati 1992). Proses ini akan menghasilkan batubara dalam berbagai tingkat kematangan material organiknya mulai dari lignit, sub bituminus, bituminus, semi antrasit, antrasit, hingga meta antrasit.

About these ads

36 Tanggapan to “Batubara”

  1. VINO HASYIM Says:

    Saya ingin mengetahui hubungan antara ukuran partikel batubara dengan kualitasnya.
    Tolong kirimkan pustakanya juga ya.

    Mahasiswa Departemen Kimia
    FMIPA UI


  2. tolong kirimkan saya artikel tentang keramik elektronil

  3. edy wijaya Says:

    saya bukan mauberkomentar,tapi ingin menanyakan hal tentang batubara.saya ingin mengetahui unsur_unsur penyusun batubara sehingga batubara tersebut dapat digunakan sebagai pengganti agregat dalam pembuatan beton untuk suatu kostruksi bangunan, dalam hal ini batubara yang dugunakan adalah batubara hasil pembakaran?

  4. saepul Says:

    relokasi lahan setelah penambangan perl diperhatikan oleh produsen batubara

  5. fauzi Says:

    Boleh minta data lengkap jenis batubara yaitu dari deskripsi lurgi sampai manfaat dan kandungan lurgi

  6. Dewi Says:

    Saya ingin mengetahui mengenai dampak pemanfaatan batu bara terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat.
    Bagaimana membuat tempat penyimpanan yang aman karena batu bara mudah terbakar.
    Bagaimana design teknis yang baik.
    Bisakah saya mendapat informasi tentang hal-hal tersebut.


  7. Saya orang awam, sangat tertarik dgn tulisan yg membahas mengenai batu bara cair. Mengingat sekarang ini tahap krisis energy fosil sudah mengkhawatirkan. Paling tidak dgn adanya wacana pengembangan dan pemanfaatan batu bara cair akan menjadi salah satu alternatif substitusi energi yang ketersediaannya sangat dinantikan.
    Pertanyaannya, apa itu batu bara cair; kapan riset & pengembangannya dimulai; kapan dan bagaimana batu bara cair akan dapat diaplikasikan bagi kemanfaatan manusia. Dapatkah dan bagaimana cara batu bara cair dapat dimobilisasikan dan diperdagangkan, mengingat pekerjaan saya sekarang ini adalah trading di bidang energy batu bara. Sekian dan Terima kasih.

  8. zue Says:

    batu metemorfik…bagaimana dengan batu metarmofik..prosesnya..


  9. Saya awam dengan Batubara, tetapi makan dan hidup saya dari usaha penjualan dan penambangan batubara, karena lingkungan tempat lahir saya berjibun dengan batubara, namun demikian apa salahnya saya ingin mengetahui perhitungan analisa biaya penambangan batu bara yang benar, serta tehnik penambangan yang benar. Lain dari itu bagaimana mengatasi perting atau agregat lain yang ada pada batu bara agar kualitas batubara benar-benar dapat dicapai sesuai dengan yang diharapkan. Salam.

  10. Jannatul Makwa Says:

    saya ingin menanyakan, apakah gambut yang mengandung asam fulvat dapat dijadikan absorben logam berat seperti Cd dan Ni? jika ada bahan tulisan atau skripsi yang telah meneliti itu,saya minta informasikan ke saya? karena saya tertarik sekali dengan pemafaatan gambut.

  11. eureka terabithia 1201 Says:

    saya ingin menanyakan, tentang RED MUD?baik itu proses pembuatan maupun reaksinya?karena kebetulan RED MUD salah satu katalis untuk pencairan batubara..Terima kasih

  12. intan puspita dwi kustyantia Says:

    tolong kirimkan artikel tentang pembuatan batu bara

  13. zico Says:

    saya ingin bertanya kepada semuanya….!
    saat ini dunia sedang membahas tentang pengurangan penggunaan batubara untuk industri karena berpengaruh besar terhadap global warming…
    yang saya ingin tanyakan kenapa ketika dunia sedang berusaha untuk mengurangi penggunaan batubara kita semua disini masih menganggap bahwa batubara sebagai energi alternatif….??
    mohon jawabannya …!
    by..:org yg krg tw ingin tw

  14. Bchtiar Says:

    salaam,

    saya berminat untuk berivestasi dibidang explorasi penambangan batubara, adakah rekan yang bisa membantu saya memberi informasi detail mengenai fs perhitungan analisa biaya penambangan batu bara, tehnik penambangan, perizinan dan penguasaan lahan yang diperlukan.
    mohon kiranya informsi dapat dikirim ke email saya : bahtiar27@yahoo.com

    salam.


  15. maaf mas..
    saya ingin menanyakan nilai lhv batubara muda (lignit)?
    thank’s

  16. sony affandi Says:

    Salam,

    Saya mau menyakan tentang perbedaan antara adb,db,ar dll. baik secara kondiai maupun mengenai prosentasi kandungannya baik air,abu,zat terbang dll.
    Thank’s..

  17. Pri Sudarji Says:

    Saya termasuk orang yang awam tentang batu bara. Tetapi saya dihadapkan pada masalah batu bara. Saya sedang merancang kolam renang air panas, dengan menggunakan alat pemanas yang memakai bahan bakar batu bara. Saya ingin mengetahui berapa banyak batu bara yang saya butuhkan per jam agar api tetap menyala. Ukuran tungkunya adalah 170 cm X 70 cm X 50 cm. Barang kali ada yang bisa bantu saya, sebelumnya saya mengucapkan terima kasih banyak,

  18. rahmat Says:

    Apakah batu bara memiliki karakteristik yang berbeda dan apakah perbedaan karakteristik itu memiliki berat jenis masing-masing ?

  19. trisno Says:

    Saya sangat awam dengan batubara tetapi saya tertarik dengan partikel tersebut,yang ingin saya tanyakan bagaimana untuk membakar batubara supaya bisa terbakar seperti bara arang, karena saya bergerak dibidang kuriner yang mana tungku pembakaran saya akan saya gunakan batubara karena sudah saya coba dengan pembakaran gas kompor tidak ada reaksi,apakah pembakarannya harus dengan panas yang panas sekali atau bagaimana? saya mohon untuk bantuan penjelasannya .
    Apa bedanya batubara dengan batu larva gunung berapi untuk pembakaran mana yg lebih banyak membutuhkan energi sekian terima kasih.

  20. sumarwan Says:

    1. Apakah cadangan yang dimiliki Indonesia termasuk yang besar di dunia?

    2. Bagaimana proses gasifikasi batubara dan apakah sudah dikembangkan secara komersil.
    3, Nuhun

  21. florensia Says:

    salam,

    Saya seorang pelajar yang tidak mengerti tentang batubara,,dan saya ingin mengetahui tentang komposisi batubara dan proses pengolahannya disertai dengan penjelasan yang lengkap.

    terima kasih..

  22. arindita Says:

    saya sedang mengkaji tentang pembakaran spontan batubara,ingin tanya hubungan kualitas batubara dengan pembakaran spontan


  23. Alternatif itu energi pengganti pilihan peta arah kemana-mana umpamanya saya mau pergi kerumah Nenek lewat jalan Deplu atau Tanah Kusir beritahu jalannya? Jalan alternatif itu pilihan jalan dua arah di Jakarta, ada sungai batubara pada waktu belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Apa yang disebabkan oleh petugas alternatif lainnya? Nah! Misalnya kasih tahun jalan kerumah Nenek Nuraini. Batubara adalah jalan alternatif di daerah kota Indonesia..

  24. probo Says:

    saya mau bertanya tentang dampak negatif atau kerugian dari batubara?

  25. d0rman Says:

    salam kenal, nice blog …

  26. fania Says:

    kunjungan sahabat …

  27. markus Says:

    saya sedang menjalankan perkuliahan dan kebetulan sedang mendapat pelajaran tentang batu bara, oleh karena itu saya boleh menanyakan tentang pengertian batu bara itu senduri menurut beberapa ahli,klasifikasinya dan penjelasan mengenai batu bara itu senduru.(yang merupakan tugas yang duberikan oleh dosen saya)mahasiswa iyelindo internasional kupang NTT.

  28. ramos Says:

    kami meeminta para penambang baatu bara yang kami hormati jika setelah selesai menambang tolong di adakan rehabilitas dan koservasi di area penambangan dan simpan simpan unntuk masa depan anak cucu,,ta
    salam karisma

  29. Nanda cpt bls Says:

    Pak. .
    Komponen btu bara itu apa pak. .

    Bls cpt ya pak. .
    Penting

  30. setya_alie Says:

    q nak SMK Migas Bojonegoro,, saya ingin tau cara2 penambangan batu bara beserta sketsanya, trus urut2an batu bara sesuai kualitasnya. Tlong infonya…

  31. nugroho Says:

    nice blog, terima kasih buat penulis yang rela menyediakan waktunya untuk membagi-bagikan ilmunya kepada siapapun yang mampir lewat ke blog ini, termasuk saya.. salam kenal dari Malang – Jawa Timur


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: