LITBANG TEKNOLOGI PENGOLAHAN DAN PEMANFAATAN BATUBARA

7 Oktober 2006

Kegiatan Litbang Teknologi Pengolahan dan Pemanfaatan Batubara meliputi litbang, perekayasaan dan pelayanan jasa di bidang karakterisasi, teknologi pengolahan, konversi dan pembakaran batubara.

Litbang ini dilakukan secara terpadu dengan kelompok-kelompok litbang lain yang ada di tekMIRA dengan sasaran utama mendukung program pemerintah dalam mengurangi subsidi BBM/kayu bakar melalui diversifikasi energi, peningkatan penggunaan batubara dalam negeri, penghematan dan peningkatan devisa melalui ekspor serta peningkatan PNBP seperti terlihat dalam Gambar 1.

 

batubara2b.JPG

Litbang Teknologi Pengolahan dan Pemanfaatan Batubara telah dirintis sejak awal tahun 1970-an, dan terus berkembang mengingat batu bara yang semula hanya dibakar untuk diambil panasnya, kemudian diproses untuk mendapatkan batubara dengan kualitas yang lebih baik atau bahan yang lebih bersih dan ramah terhadap lingkungan.

Sampai dengan akhir tahun 1980 sebagian besar kegiatan litbang teknologi pengolahan dan pemanfaatan batubara masih dalam skala laboratorium. Namun sesudah itu kegiatan litbang sudah mengarah kepada aplikasi dengan membangun berbagai pilot plant yang diharapkan dapat mengetahui optimalisasi proses, pengujian produk pada pengguna dan kelayakan ekonomi dari proses tersebut.

Untuk mempercepat implementasi hasil litbang teknologi pengolahan dan pemanfaatan batubara pada skala industri, tekMIRA sedang dan akan membangun beberapa pilot plant di Palimanan Cirebon dalam suatu Pusat Teknologi Batubara Bersih yang disebut Clean Coal Technology Centre atau disingkat Coal Centre.

Kegiatan unggulan Litbang Teknologi Pengolahan dan Pemanfaatan Batubara terdiri dari peningkatan kualitas batubara peringkat rendah melalui proses Upgraded Brown Coal (UBC), pengembangan briket, gasifikasi, pencairan dan pembuatan kokas. Sedangkan hasil yang sudah dapat diimplementasikan diantaranya penggunaan briket untuk peternakan ayam, pemindangan ikan, ekstraksi daun nilam dan penggunaan batubara sebagai bahan bakar langsung pada industri bata, genteng, kapur dan industri gula merah.
Litbang Teknologi Pengolahan dan Pemanfaatan Batubara didukung oleh fasilitas :

  • Laboratorium penelitian dan penerapan.
  • Laboratorium pengujian sifat kimia dan fisika yang telah terakreditasi berdasarkan ISO 17025.
  • 51 orang tenaga fungsional terdiri dari peneliti, perekayasa dan teknisi dari berbagai keahlian berdasarkan disiplin ilmu, yang berbeda-beda antara lain : kimia dan fisika batubara, pengolahan batu bara dan teknologi pemanfaatan batu bara.

Untuk lebih mempercepat program Litbang Teknologi Pengolahan dan Pemanfaatan Batubara telah dilakukan kerjasama dengan berbagai institusi litbang baik di dalam negeri maupun luar negeri, antara lain :

  • Pembangunan pilot plant briket bio batubara kerjasama dengan NEDO-METI, (Jepang).
  • Pembangunan pilot plant peningkatan kualitas batubara peringkat rendah dengan proses UBC kerjasama dengan Kobe Steel (Jepang), JCOAL (Jepang) dan BPPT.
  • Pencairan batubara Indonesia kerjasama dengan NEDO (Jepang) dan BPPT.
  • Daur ulang minyak bekas dengan menggunakan batubara sebagai absorban, kerjasama dengan KOBE Steel (Jepang) dan LEMIGAS.
  • Proses pengeringan teh dengan batubara melalui gasifikasi kerjasama dengan PPTK Gambung.
  • Pengujian sifat kimia dan fisika batubara kerjasama dengan PT. Surveyor Indonesia, PTBA dan perusahaan batubara lainnya.

Pembangunan dan kegiatan litbang pilot plant briket biobatubara dan pilot plant UBC dilakukan di SENTRA TEKNOLOGI PEMANFAATAN BATUBARA DI PALIMANAN CIREBON.

Karya Litbang Teknologi Pengolahan dan Pemanfaatan Batubara yang meliputi teknologi pengolahan, teknologi konversi dan teknologi pembakaran yang diaplikasikan, diantaranya :

1. Teknologi Pengolahan

  • Peningkatan kualitas batubara peringkat rendah dengan proses Upgraded Brown Coal (UBC).
  • Percobaan penerapan teknologi coal water fuel sebagai bahan bakar boiler pada industri tekstil.
  • Pengembangan metode penurunan kadar natrium batubara Lati, Berau, Kalimantan Timur.
  • Pengembangan metode pencampuran batubara (coal blending) Kalimantan Tengah untuk pembuatan kokas metalurgi.
  • Pencucian batubara.
  • Desulfurisasi limbah batubara dengan flotasi kolom.

2. Teknologi Konversi

  • Pengembangan briket kokas dari batubara dan green coke.
  • Proyek pencairan batubara 2002 : uji tuntas (due diligence) pre-FS Batu Bara Banko.
  • Pengembangan briket bio coal Palimanan.
  • Pemanfaatan produk gasifikasi batubara untuk pengeringan teh di Gambung Ciwidey, Jawa Barat.
  • Briket kokas untuk pengecoran logam.

3. Teknologi Pemanfaatan Batubara

3.1. Bahan Bakar Langsung

  • Penyerapan gas SO2 dari hasil pembakaran briket bio batubara dengan unggulan zeolit.
  • Pengembangan model fisik tungku pembakaran briket biocoal untuk industri rumah tangga, pembakaran bata/genteng, boiler rotan dan pengering bawang.
  • Tungku hemat energi untuk industri rumah tangga dengan bahan bakar batubara/briket bio batubara.
  • Pembakaran kapur dalam tungku tegak system terus menerus skala komersial dengan batubara halus menggunakan pembakar siklon.
  • Tungku pembuatan gula merah dengan bahan bakar batubara.
  • Pembakaran kapur dalam tungku system berkala dengan kombinasi bahan bakar batubara – kayu.
  • Pembakaran bata-genteng dengan batubara.

3.2. Non Bahan Bakar

  • Pengkajian pemanfaatan batubara Kalimantan Selatan untuk pembuatan karbon aktif.
  • Daur ulang minyak pelumas bekas dengan menggunakan batubara peringkat rendah sebagai penyerap.

sumber : Tekmira http://www.tekmira.esdm.go.id/

About these ads

66 Tanggapan to “LITBANG TEKNOLOGI PENGOLAHAN DAN PEMANFAATAN BATUBARA”

  1. Suhar Prianto Says:

    sebelumnya saya perkenalkan saya adalah mahasiswa ITN malang jurusan Tek.Kimia. saat ini saya sedang menyusun skripsi ato tugas akhir.tugas akhir saya berhubungan dengan batu bara.dan saat ini saya sangat-sangat membutuhkan data kandungan batu bara di Indonesia khususnya di daerah kalimantan.kandungan batu bara yg saya inginkan yaitu kandungan C,H,O,N, dan S yang terdapat di batu bara tsb. saya mohon jawabannya. sebelumnya terima kasih

  2. aprianto Says:

    industri kecil pemenfaatan batu bara muda

  3. dina kristianti Says:

    sekarang ini pemakaian batu bara di dlm industri textil berkembang pesat. yang jadi masalah hasil pembakaran ini dibuang begitu saja. yang ingin saya tanyakan apakah hasil dari pembakaran batu bara ini bisa dipergunakan? saya tunggu jawabannya, terima kasih

  4. isa Says:

    saya minta tolong dikirimin ke email saya metode penambangan batu bara keseluruhan, pengolahannya, nilai ekonomisnya, dampaknya terhadap lingkungan dan cara penanggulangannya. terima kasih

  5. auques wadja Says:

    saya dengar bawa batubara sering terjadi sponteneous cumbution.dan biasa nya terjadi distokpile.dan pastinya kualitas batubara akan berpengaruh.kebutulan saya lagi susun seminar masalah sopntaneos cumbution.saya minta tolong dikirimin ke email saya. data secarah lengkap, artikel,gambar proses terjadinya dan penanggulang tepat seperti apa.terimah kasih

  6. vitus doni s.b Says:

    saya mahasiswa jurusan teknik pertambangan, kebutulan mau susun TA,saya mau minta data secara lengkap manfaat dan metode- metode yang digunkan untuk pengolahannya.terima kasih

  7. bambang Says:

    saya dengar abu batubara saat ini dapat dimanfaatkan, salah satunya sebagai bahan campuran beton.kalau ada yang memiliki formula dan cara pembuatatan beton tersebut mohon bantuannya

  8. qabul Says:

    saya pengusaha batu bata dari daerah.saya sangat tertarik dengan pemanfaatan batu bara sebgai bhan bkar alternatif pengganti kayu.saya mohon informasi dan bantuan nya mengenai penggunaan teknologi ini dan kontak yg mungkin bs saya hubungi.


  9. Sebuah kajian bisnis “STUDI PROSPEK PENAMBANGAN BATUBARA DI INDONESIA, 2007″ telah berhasilkan diterbitkan oleh DATA COMMERCIAL INDONESIA. Informasi selengkapnya kunjungi situs : http://WWW.DATACOMINDONESIA.COM

  10. ANtoni Says:

    mohon informasi dimana dapat memperoleh COAL TAR(ter batubara)
    thanks

    • Bowo Ardianto Sujadi Says:

      apakah yg anda maksud cairan minyak yang diambil dari limbah tar batubara, jika iya silahkan email saya, karena saya punya barang tersebut, untuk saat ini stok saya sudah ada +- 50.000 liter

      • herry e Says:

        saya juga membutuhkan ter batubara, apabila ada sampel sedikit mohon kirim kepada kami untuk kami coba.terima kasih.

  11. ANtoni Says:

    mohon informasi dimana dapat memperoleh COAL TAR
    thanks
    cipta168@yahoo.com

  12. netti Says:

    Perusahaan kami mengunakan boiler batu bara jenis chain grate stoker. Limbah yang dihasilkan ada 3 macam : fly ash, bottom ash and wet bottom ash (80%) dari jumlah total. Mohon informasi manfaat dari WET BOTTOM ASH ini. Fly ash dan dry bottom ash jumlahnya sedikit dan bisa dimanfaatkan pabrik batako.

  13. HERMAN F ALVES Says:

    saya adalah mahasiswa ITATS Surabaya jurusan teknik pertambangan. sekarang saya lagi nyari tugas tentang pemanfaatan batubara muda untuk PLTU di PT. Berau Coal. tolong kirimkan gambar dan cara kerjanya. thanx

  14. natalina Says:

    saya mhs pertambangan itats,saya mencari tugas yg blm ketemu tentang proses dan pengolahhan upgrading,maka itu saya minta bantuan dapat kirannya mengirimkan gambar dan hal2 yg diperlukan diatas.atas pengertiannya saya ucapkan terima kasih.

  15. Nugroho Says:

    Mohon informasi teknologi untukmembuat batubara cair.

  16. Nugroho Says:

    Mohon informasi teknologi untuk membuat batubara cair.

  17. gilang Says:

    saya mahasiswa unpad. kalo boleh saya tanya, berapa nilai kalori maksimal yang dihasilkan dari proses pembakaran batu bara tersebut? dan bagai mana perbandingannya dengan jenis bahan bakar yang lain? contohnya kayu bakar, gas (elpiji), dan jenis minyak bakar (solar misalnya). mengingat jenis-jenis bahan bakar tersebut (boleh dibilang) sangat umum sebagai bahan bakar industri. sebelumnya saya ucapkan terima kasih.
    wassalam

  18. doddy Says:

    saya mahasiswa teknik kimia.yg ingin saya tanyakan proses pemanfaatan batubara seperti coal bending,coal desulfurization,coal dewatering,coal water fuel dll.minta tolong jelaskan cara kerja proses2 tersebut,serta apa saja yg diperlukan dalam proses tarsebut serta gambarnya.sebelumnya saya ucapkan terima kasih.wassalam

  19. yogi Says:

    sya mahasiswa t.geologi UNPAK,ingin bertanya jenis batubara ada berapa?dan knapa batubara kokas tidak banyak atau tidak terdapat di Indonesia

  20. samrisjen Says:

    sebelumnya saya memperkenalkn diri, saya mahasiswa teknik kimia dari USU (univ.sumatera utara…sekarang ini saya sedang melakukan penelitian mengenai pemanfaatan limbah boiler (bottom ash dan fly ash)..jadi saya meminta bantuan dari team LITBANG kiranya sudi membantu saya untuk memberikan sedikit reference mengenai batu bara serta limbah boiler tersebut..terima kasih

  21. Budi Hartawan Says:

    Melalui kesempatan ini saya mohon informasi proses pengolahan Green Coke menjadi Briket untuk proses pengecoran logam. Atas informasi dan bantuan yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

  22. agus s Says:

    sebelumnya perkenalkan saya agus s, mahasiswa kimia f mipa UNDIP, melalui forum ini saya pengen bantuan mengenai pencairan batubara, all about us lah pokoknya….mungkin atas bantuanya saya ucakan terima kasih

  23. alam Says:

    saya sangat mengharapkan ada yang memberi tehu saya tentang bagaimana bisa mendapatkan jurnal2 metalurgi tanpa membayar di internet.alam_unlam

  24. Sita Says:

    Saya ingin tahu bagaimana cara pembakaran batubara yangcocok untuk produksi gaping, tetapi warna gamping tetap putih. Karena selama ini produk gamping yangdihasilkan dengan pembakaran batubara warnanya menjadi kehitaman.
    Terima kasih

  25. andri Says:

    saya pengusaha batu bata dari daerah.saya sangat tertarik dengan pemanfaatan batu bara sebgai bhan bkar alternatif pengganti kayu.saya mohon informasi dan bantuan nya mengenai penggunaan teknologi ini.

  26. dheliq Says:

    saya ingin tau mengenai limbah yang dihasilkan setelah pembakaran batubara dan penjelasannya.

  27. eko pristiawan Says:

    saya ingin informasi tempat pelatihan proses pengolahan batu bara menjadi briket, pengolahan limbah dari hasil pembakaran briket batu bara.
    serta mesin utk produksi briket batu bara.

  28. yasir Says:

    saya ingi informasi atu daftar referensi pembuatan tungku hemat energi dan pelatihan pembauan briket

  29. skebber Says:

    o …ya andre..kalau pengen info lebih lanjut email aja ke skebber@gmail.com

  30. irwan Says:

    Saya ingin menanyakan, limbah batubara selain dibuat batako dan bahan campuran semen bisa dimanfaatkan untuk apa lagi?
    Apakah ada yang menjual limbah tersebut?

  31. Amirudin Says:

    Mau nanya, apa yang dimaksud AR 4800 dalam pengistilahan kalori batubara. Mohon dijelaskan
    Thank’s

  32. Amirudin Says:

    Maunya sih, memuat juga daftar perusahaan yang berkecimpung di bidang batubara, agar kita bisa saling mengenal(sharing value).

    Saya mau nanya; apa yang dimaksud AR 4800 dalam istilah kandungan kalori batubara.

    Thank’s
    Hp.081332496436

  33. Jun Says:

    Daftar perusahaan yang berkecimpung di bidang batubara (pemilik tambang,kontraktor,transportir,surveyor dll) ada di situs http://www.apbi-icma.com

    AR 4800 maksudnya batubara tersebut mempunya kalori 4800 kcal/kg dalam basis as received. Kadang disebut GAR 4800.Huruf ‘G’ berarti Gross, jadi lengkapnya GAR 4800 artinya nilai kalor kotor batubara tersebut adalah 4800 kcal/kg dalam basis perhitugan as received.

  34. Dewi Says:

    Saya adalah pengusaha batu bata di pasuruan. Selama ini saya menggunakan kayu bakar dan juga sekam untuk pembakaran. Saya ingin beralih ke batubara. Mohon informasi tentang tungku serta jenis batu bara yang sesuai untuk pembakaran batu bata. Terima kasih atas segala bantuannnya.

  35. SISWORO Says:

    Mohon dikirim design tungku batubara (raw coal) untuk industri kecil.

    Terima kasih,

  36. sukma_ys Says:

    Adakah desain tungku untuk pemanfaatan tar batubara.


  37. salam,

    pak fariz, kita ada invensi tungku tanpa asap (zero emisi hidrokarbon) efisiensi tinggi. telah sukses diterapkan dalam level kecil. bisakah kita mendapatkan / menjadikan percobaan skala industri sebagai kegiatan Balitbang Batubara?

    berikut hp saya jika usulan saya memungkinkan. 08179923479.

    terima kasih.

  38. mona Says:

    pengen tau berbagai pemanfaatan abu batubara, cara plus detailnya, pengen nyoba manfaatin batubara peringkat rendah yang dibuang aja di daerah…

  39. lien Says:

    makasih buat infonya dan datanya….
    ya minta yach buat refrensi

  40. edi kristianto Says:

    well,im not christ exactly,im just his girl who want to find the kinds of batubara not how to make it.So i think ure web is not a suite place.sorry and success 4 ure litbang anyway…

  41. julianusginting Says:

    good…good..hehe…
    bole tukeran link ga neh?
    link saya di http://julianusginting.wordpress.com kebetulan saya jg akan banyak menulis mengenai batubara. add link saya di sidebar anda yak..
    terimakasih :-)


  42. [...] LITBANG TEKNOLOGI PENGOLAHAN DAN PEMANFAATAN BATUBARA [...]

  43. info tambang Says:

    dapatkan info tambang terbaru …
    klik link …


  44. dapatkan e-book tambang, geologi, survey, alat berat, surpac, minescape, autocad gratis. silahkan klik link …

  45. Jabon Says:

    nahhhh
    nambah wawasan nich bro…

  46. Ahmad Yunus Says:

    Saya mau nanya, seberapa efesien pembuatan batubara cair ?

  47. imam hanafi Says:

    Mohon untuk dikirimkan cara pemanfaatan batubara yang efectif untuk CFB Boiler

  48. imam hanafi Says:

    Mohon untuk di kirimkan Tecnologi pemakaian batubara yg efectif pemakaian batubara untuk CFB Boiler dg spek batubara GAR 4200, TM 32, Ash 10% dan Sulfur 1%

  49. Widi D. Handoko Says:

    maf pak, saya mahasiswa yg sedang menyusun skripsi, tolong kirimkan pohon produksi batubara ke email saya pak.
    terimakasih.

  50. eri Says:

    saya cari inpestor tambang batu bara yg mau di ajak join atopun tek oper

  51. eri Says:

    bagi yang ber mitan lahan maupun batu bara kita bisa bantu lokasi kaltim kal sel.ok bos.081370494545

  52. Hizak Says:

    Mohon dapat diinformasikan penggunaan Tar hasil pembakaran Batubara.

  53. Anto Says:

    SAAT INI LIMBAH BATUBARA ( FLY ASH ), BELUM DIMANFAATKAN SECARA MAKSIMAL. SETELAH KAMI PELAJARI, MAKA KINI TELAH DITEMUKAN BAGAIMANA CARANYA MEMPROSES LIMBAH FLY ASH BATUBARA, MENJADI PUPUK ORGANIK. OLEH KARENA ITULAH, KAMI MENGAJAK SEMUA PIHAK. TERUTAMA PARA PENGUSAHA / INDUSTRI PENGGUNA BATUBARA, YG SELAMA INI DIREPOTKAN DENGAN LIMBAH FLY ASH. UNTUK MEMPRODUKSI PUPUK ORGANIK DENGAN BAHAN BAKU : FLY ASH BATUBARA. Utk info lebih lanjut, hub : 081282281966. Atau ke : anto1966_lpg@yahoo.co.id

  54. Budi Mulyana Says:

    Assalamu’alaikum wr wb,

    Sebelumnya perkenalkan nama saya Budi Mulyana tinggal di kota Bogor. Saat ini saya ingin sekali membuka usaha kecil-kecilan membuat bata merah. Sejauh yang saya ketahui, di daerah saya kebanyakan para pengusaha bata merah masih menggunakan bahan bakar kayu sebagai bahan utama untuk pembakaran bata merah.

    Saya coba mencari-cari informasi mengenai usaha ini dan mendapatkan beberapa artikel pembakaran bata merah menggunakan batu bara sebagai bahan utama pembakarannya. Hanya saja sayangnya informasi ini begitu minim sehingga belum banyak informasi yang bisa saya gali.

    Apa yang saya cari adalah :

    a. Bagaimana membuat tungku pembakaran bata merah yang menggunakan bahan bakar batubara, apakah
    sama dengan tungku yang biasa digunakan kebanyakan pengusaha, yaitu tungku pembakaran yang
    menggunakan kayu sebagai bahan utama pembakarannya.
    b. Bisakah saya mendapatkan informasi yang lengkap, cara pembuatan tungku tersebut dan berapa banyak perbandingan batu bara yang digunakan untuk pembakaran 60.000 bata merah, 70.000 bata merah, dsb.
    c. Bagaimana tehnik pmbakaran dengan menggunakan batu bara tersebut.

    Atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan terima kasih.

    Regards,
    Budi Mulyana
    hijjau@yahoo.com

  55. Ridwan Says:

    Bagaimana metode blending batu bara untuk memperoleh efisiensi energi.

  56. hendrik siswanto Says:

    bagaimana klu batu bara digunakan buat pembakaran batu gamping? tlg infonya cara buat tungku pembakaran nya, tx

  57. ari Says:

    rekan2 sekalian mungkin bisa bantu saya untuk memperoleh limbah coal tar,
    terima kasih


  58. […] LITBANG TEKNOLOGI PENGOLAHAN DAN PEMANFAATAN¬†BATUBARA […]

  59. rizal Says:

    salam
    mohon penjelasan lebih lanjut tentang tungku pembakaran bata dengan mengunakan batu bara, dan saya bermaksud membuat pabrik braket batu bara, mohon penjelasan bahan baku dan komposisi bahan yg effisien dengan hasil maksimal, mohon di email ke isyaf_rizal@yahoo.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: